Sabtu, 08 Juni 2013

Makalah Model Pembelajaran Tipe Think-Talk-Write (TTW)

BAB I 
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Pada dasarnya kemajuan pendidikan salah-satunya tergantung dari apa yang dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas. Guru diharapkan mampu lebih mengembangkan profesionalisme dalam membelajarkan siswa dalam fungsinya sebagai fasilitator pembelajaran. Terdapat banyak teori pembelajaran yang dikembangkan para ahli dalam upaya memberikan masukan serta pengetahuan bagi para guru yang bertujuan untuk menjadikan siswa didikannya unggul dan menjadi jaminan bagi masa depan siswa itu sendiri baik yang akan melanjutkan pendidikannya atau yang akan terjun ke masyarakat.
Proses pembelajaran di kelas adalah salah satu tahap yang sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dapat dilakukan terhadap berbagai komponen seperti : siswa, guru, indikator pembelajaran, isi pelajaran, metode, media, dan evaluasi. Guru sebagai salah satu mediator dan komponen pengajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran dan sangat menentukan keberhasilan proses pendidikan, karena guru terlibat langsung di dalamnya.
Belajar siswa berkaitan dengan motivasi belajarnya, dalam hal ini hubungan antar siswa di kelas harus terjalin dengan baik. Siswa yang merasa tidak diterima oleh kelasnya akan merasa tidak betah berada dalam kelasnya itu, sehingga motivasi belajarnya pun berkurang (Karso, 1993-1994 : 108). Oleh karena itu, guru perlu melakukan tindakan pengkondisian dimana siswa dapat melakukan kerja sama dalam kelompok yang lebih kecil dan salah satu strateginya adalah dengan pembelajaran berkelompok atau kooperatif, misalnya dengan pemberian tugas dan kerja kelompok.
Motivasi belajar juga terpengaruh oleh keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ketika siswa merasa telah terlibat dalam suatu proses pembelajaran, maka akan timbul kepercayaan diri dan semangat belajar lebih. Untuk itu, pembelajaran yang berpusat pada siswa sangat disarankan dilakukan para guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Mengingat proses belajar siswa yang tergantung motivasi seperti yang telah diuraikan, maka penulis merasa perlu untuk memilih metode pembelajaran yang mencakup keduanya yaitu pembelajaran yang bersifat kooperatif dan pembelajaran yang berpusat pada siswa serta mampu mengkonstruksi pengetahuan konsep siswa. Untuk itu, penulis meneliti tentang penerapan pembelajaran think-talk-write yang termasuk pembelajaran kooperatif yang berpusat pada siswa. Selain itu, jika ditinjau dari langkah-langkah pembelajarannya model think-talk-write juga termasuk model pembelajaran yang beraliran konstruktivisme.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulis akan membahas penerapan metode think talk write (TTW) dalam pembelajaran Matematika.
B. Rumusan Masalah
a)      Pengertian dan konsep model pembelajaran Think Talk Write (TTW).
b)      Bagaimana prosedur penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) di kelas.
c)      Manfaat apakah yang diperoleh dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW).
C. Tujuan
Makalah ini disusun dengan maksud agar lebih mamahami model pembelajaran Think Talk Write (TTW) serta tata cara penerapanya di kelas.









BAB II
Pengertian dan Konsep Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)
A.    Pengertian think talk write (TTW)
Secara etimologi think talk write dalam kamus john. Echol , think diartikan dengan"berfikir" talk diartikan “ berbicara “ sedangkan write diartikan sebagai  "menulis"Jadi think talk write  bisa diartikan sebagai berfikir, berbicera, dan menulis. Sedangkan startegi think talk write adalah sebuah pembelajaran yang di mulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya di komunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan hasil presentasi. Sintaknya adalah informasi, kelompok (membaca-mencatat-menandai), presentasi, diskusi, melaporkan.Teknik TTW diperkenalkan oleh Huinker dan Laughin (dalam Ansari, 2003:36). Teknik  ini pada dasarnya dibangun melalui berpikir, berbicara, dan menulis.
Suatu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah strategi think-talk-write (TTW). Strategi yang diperkenalkan oleh Huinker & Laughlin (1996: 82) ini pada dasarnya dibangun melalui berfikir, berbicara, dan menulis. Alur kemajuan strategi TTW dimulai dari keterlibatan siswa dalam berfikir atau berdialog dengan dirinya sendiri setelah proses membaca, selanjutnya berbicara dan membagi ide (sharing) dengan temannya sebelum menulis. Suasana seperti ini lebih efektif jika dilakukan dalam kelompok heterogen dengan 3-5 siswa. Dalam kelompok ini siswa diminta membaca, membuat catatan kecil, menjelaskan, mendengarkan dan membagi ide bersama teman kemudian mengungkapkannya melalui tulisan.
Aktivitas berfikir (think) dapat dilihat dari proses membaca suatu teks matematika atau berisi cerita matematika kemudian membuat catatan apa yang telah dibaca. Dalam tahap ini siswa secara individu memikirkan kemungkinan jawaban (strategi penyelesaian), membuat catatan apa yang telah dibaca, baik itu berupa apa yang diketahuinya, maupun langkah-langkah penyelesaian dalam bahasanya sendiri.
Setelah tahap “think” selesai dilanjutkan dengan tahap berikutnya “ talk” yaitu berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata dan bahasa yang mereka pahami. Fase berkomunukasi (talk) pada strategi ini memungkinkan siswa untuk terampil berbicara. Menurut Huinker & Laughlin dalam Martinis (2008:86), pada umunya berkomunikasi dapat berlangsung alami, tatapi menulis tidak. Proses komunikasi dipelajari siswa melalui kehidupannya sebagai individu yang berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Secara alami dan mudah proses komunikasi dapat dibangun di kelas dan dimanfaatkan sebagai alat sebelum menulis. Pemahaman dibangun melalui interaksinya dalam diskusi. Diskusi diharapkan dapat menghasilkan solusi atas masalah yang diberikan.
 Diskusi pada fase talk ini merupakan sarana untuk mengungkapkan dan merefleksikan pikiran siswa. Pada tahap talk, tugas guru adalah sebagai fasilitator dan motivator. Sebagai fasilitator guru senantiasa harus memberi arahan dan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan terutama dalam hal materi, baik itu diminta maupun tidak diminta. Sebagai motivator, guru senantiasa memberi dorongan kepada siswa yang merasa kurang percaya diri terhadap hasil pekerjaannya dan atau kelompok siswa yang mendapatkan jalan buntu untuk menemukan suatu jawaban. Guru juga harus bisa memotivasi siswa yang dalam kegiatan diskusi kurang aktif atau malah sangat pasif. Guru harus memberikan semangat kepada siswa yang bersangkutan bahwa kegiatan diskusi yang sedang berlangsung adalah penting untuk dijalani, supaya mereka dapat memahami sendiri. 
Fase ”write” yaitu menuliskan hasil diskusi/pada lembar kerja yang disediakan (LKS). Aktivitas menulis berarti mengkonstruksi ide, karena setelah berdiskusi antar teman dan kemudian mengungkapkannya melalui tulisan. Menulis dalam matematika membantu merealisasikan salah satu tujuan pembelajaran, yaitu pemahaman siswa tentang siswa tentang materi yang dipelajari (Martinis Yamin, 2008: 87). Aktivitas menulis akan membantu siswa dalam membuat hubungan dan juga memungkinkan guru melihat pengembangan konsep siswa. Aktivitas menulis siswa bagi guru dapat memantau kesalahan siswa, miskonsepsi, dan konsepsi siswa terhadap ide yang sama. Aktivitas siswa selama tahap (write) ini adalah (1) menulis solusi terhadap masalah/pertanyaan yang diberikan termasuk perhitungan, (2) mengorganisasikan semua pekerjaan langkah demi langkah, baik penyelesaiannya ada yang menggunakan diagram, grafik, ataupun tabel agar mudah dibaca dan ditindaklanjuti, (3) mengoreksi semua pekerjaan sehingga yakin tidak ada pekerjaan ataupun perhitungan yang ketinggalan, (4) meyakini bahwa pekerjaannya yang terbaik yaitu legkap, mudah dibaca dan terjamin keasliannya (Martinis Yamin, 2008: 87-88).
Tahap terakhir dari strategi TTW adalah presentasi. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat berbagi pendapat dalam ruang lingkup yang lebih besar yaitu dengan teman satu kelas. Presentasi ini disampaikan oleh salah seorang perwakilan kelompok yang dilakukan di depan kelas, setelah sebelumnya siswa yang bersangkutan menuliskan jawaban kelompoknya di papan tulis. Setelah selesai presentasi, kemudian dibuka forum tanya jawab dimana semua siswa berhak mengajukan pertanyaan dan atau pendapat yang sifatnya mendukung jawaban ataupun menyanggah jawaban temannya yang presentasi. Setelah tanya jawab selesai, dilakukan sebuah penyimpulan bersama tentang materi yang dipelajari.



























BAB III
Prosedur Penerapan Model Pembelajaran (TTW) di Kelas

A.    Langkah-langkah pembelajaran dengan strategi TTW (think-talk-write)

1)      Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh siswa serta petunjuk pelaksanaannya.
2)      Peserta didik membaca masalah yang ada dalam LKS dan membuat catatan kecil secara individu tentang apa yang ia ketahui dan tidak ketahui dalam masalah tersebut. Ketika peserta didik membuat catatan kecil inilah akan terjadi proses berpikir (think) pada peserta didik. Setelah itu peserta didik berusaha untuk meyelesaikan masalah tersebut secara individu. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik dapat membedakan atau menyatukan ide-ide yang terdapat pada bacaan untuk kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa sendiri.
3)      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3 - 5 siswa).
4)      Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman satu grup untuk membahas isi catatan dari hasil catatan (talk). Dalam kegiatan ini mereka menggunakan bahasa dan kata-kata yang mereka sendiri untuk menyampaikan ide-ide dalam diskusi. Pemahaman di bangun melalui interaksinya dalam diskusi. Diskusi di harapkan dapat menghasilkan solusi atas soal yang di berikan.
5)      Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa jawaban atas soal (berisi landasan dan keterkaitan konsep, metode, dan solusi) dalam bentuk tulisan (write) dengan bahasanya sendiri. Pada tulisan itu peserta didik menghubungkan ide-ide yang diperolehnya melalui diskusi.
6)      Perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusi kelompok, sedangkan kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
7)      Kegiatan akhir pembelajaran adalah membuat refleksi dan kesimpulan atas materi yang dipelajari. Sebelum itu dipilih beberapa atau satu orang peserta didik sebagai perwakilan kelompok untuk menyajikan jawabannya, sedangkan kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
B.     Komponen Pendukung Strategi think talk write
Dalam strategi terdapat beberapa komponen penting yang cukup berperan dalam memperlancar jalannya strategi think talk write pada pembelajaran yaitu:
1)      Guru yang berkompeten dan profesional.
2)      Anak didik yang aktif dalam proses pembelajaran.
3)      Buku bacaan yang sesuai dengan topik materi yang diajarkan dengan jumlah yang banyak dan bervariasi.
4)      Beberapa teknik pembelajaran yang mempunyai peranan cukup penting dalam terlaksananya strategi think talk write dalam pembelajaran, agar dapat tercapai tujuan yang telah ditentukan.
Peranan dan tugas guru dalam usaha mengefektifkan penggunaan strategi TTW ini, sebagaimana yang di kemukakan Silver dan Smith (dalam Yamin, 2008:90) adalah:

1)      Mengajukan pertanyaan dan tugas yang mendatangkan keterlibatan, menantang setiap siswa berpikir.
2)      Mendengar secara hati-hati ide siswa.
3)      Menyuruh siswa mengemukakan ide secara lisan dan tulisan.
4)      Memutuskan apa yang di gali dan di bawa siswa dalam diskusi.
5)      Memutuskan kapan memberi informasi, mengklarifikasi persoalan-persoalan, menggunakan model, membimbing dan membiarkan siswa berjuang dengan kesulitan.
6)      Memonitoring dan menilai partisipasi siswa dalam diskusi, dan memutuskan kapan dan bagaimana mendorong setiap siswa untuk berpartisipasi.
C.     Teknik Penyampaian Strategi think talk write
Telah dipaparkan di atas bahwa strategi think talk write ini tidak semata-mata mengutamakan segi pelaksanaan atau aplikasi praktis, namun teknik pengajarannya dengan bantuan penggunaan teknik pengajaran yang lain, antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab, resitasi dan lain-lain. Namun tetapi model atau metode pembelajarannya menonjolkan aspek kecepatan siswa dalam beraktivitas ( berpikir, berbicara, menulis dll ).Teknik-teknik yang bisa di gunakan sebagai pengantar pelaksanaan strategi  think talk write dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
·         Diskusi
·         Ceramah 
·         Resitasi (pemberian tugas)
·         Tanya jawab
·         Penemuan 

Untuk memilih teknik mana yang akan digunakan sebagai pengantar pelaksanaan strategi  think talk write ini, tentu saja harus di perhatikan dan menjadikannya sebagai acuan pada syarat pemilihan metode atau teknik yang ada,agar tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan sebelumnya dapat di capai dengan maksimal.Jika dilihat dari alokasi waktu yang rata-rata di berikan oleh sekolah atau madrasah yakni hanya dua jam pelajaran tiap kali pertemuan,maka teknik yang baik di gunakan sebagai pengantar  strategi  think talk write  ini antara lain; Diskusi, Resitasi, Tanya jawab, Penemuan.

D.    Manfaat Strategi think talk write dalam Pembelajaran
Sedangkan manfaat dari strategi ini adalah sebagai berikut:
1)      Model pembelajaran berbasis komunikasi dengan strategi TTW dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengkomunikasikan tau mendiskusikan pemikirannya dengan temannyasehingga siswa saling membantu dan saling bertukar pikiran. Hal ini dapat membantu siswa dalam memahami materi yang di ajarkan. 
2)      Model pembelajaran berbasis komunikasi dengan strategi TTW dapat melatih siswa untuk menuliskan hasil diskusinya ke bentuk tulisan secara sistematis sehinnga siswa akam lebih memahami materi dan membantu siswa untuk mengkomunikasikan ide-idenya dalam bentuk tulisan.

E.     Kelebihan dan kelemahan Strategi  think talk write
Kelebihan dari Strategi  think talk write ini adalah mempertajam seluruh keterampilan berpikir visual, Ia juga mengarahkan visualisasi, untuk lebih rinci, tanpa menyebutkan satu tekniknya akan di uraiakan sebagai berikut   :
1)      Mengembangkan pemecahan yang bermakna dalam rangka memahami materi ajar.
2)      Dengan memberikan soal open ended dapat mengembangkan ketrampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.
3)      Dengan berinteraksi dan berdiskusi dengan kelompok akan melibatkan siswa secara aktif dalam belajar.
4)      Membiasakan siswa berpikir dan berkomunikasi dengan teman, guru, dan bahkan dengan diri mereka sendiri.

Sedangkan kelemahan dari strategi ini adalah :
1)      Kecuali kalau soal open ended tersebut dapat memotivasi, siswa di mungkinkan bekerja sibuk.
2)      Ketika siswa bekerja dalam kelompok itu mudah kehilangan kmampuan dan kepercayaan, karena di dominasi oleh siswa yang mampu.
3)      Guru harus benar – benar menyiapkan semua media dengan matang agar dalam menerapkan strategi think talk write tidak mengalami kesulitan.




















BAB IV
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat diambil dari makalah ini adalah :
1.      Metode pembelajaran think-talk-write adalah sebuah pembelajaran yang di mulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya di komunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan hasil presentasi.

2.      Prosedur penerapan metode think-talk-write dibagi dalam 3 tahap yaitu :
a.       Think
Yaitu tahap dimana siswa melakukan proses berfikir dari suatu teks atau bacaan kemudian menuliskan apa yang ia ketahui dan tidak diketahunya serta langkah-langkah penyelesaian masalahnya.
b.      Talk
Yaitu tahap dimana siswa dibagi dalam sebuah kelompok kecil dimana siswa melakukan proses komunikasi dan bertukar pendapat dengan siswa lain mengenai masalah atau ide yang diperoleh pada tahap think.
c.       Write
Yaitu tahap dimana siswa melakukan hasil konstruksi ide yang ia dapat dari tahap talk dalam bentuk tulisan.

3.      Manfaat metode think-talk-write adalah siswa dapat melatih serta meningkatkan kemampuan berfikir, berbicara, serta menulisnya.

B.     SARAN
Karena metode ini dapat membuat sebagian siswa yang dibawah rata-rata menjadi kurang percaya diri, maka hendaknya seorang guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengugkapkan gagasanya dalam bahasa dan cara mereka sendiri sehingga siswa akan lebih percaya diri dan kreatif.








6 komentar:

  1. ass..
    met mlm sis..
    aku mau tanya dong, itu dapet refrensinya dari buku apa aja ya (judul bukunya) soalnya saya jg lg cari refrensi buku tntang TTW tp blm dpt2, mohon bantuannya. makasih :)

    BalasHapus
  2. aku mau minta tolong dong. tolong kasih tau referensi bukunya tentang TTW soalnya aku lagi nyusun skripsi tentang TTW. mohon bantuannya ya:) terimakasih

    BalasHapus
  3. skripsi saya tentang TTW, tolong dong share buku2 tentang metode TTW..

    BalasHapus
    Balasan
    1. skripsi ttg ttw nya udh selesai belum bro?

      Hapus
    2. kak, tolong di share ya referensi buku tentang TTW karena saya lagi nyusun skripsi tentang TTW . makasih :)))

      Hapus
  4. nyari bukunya belom nemu-nemu, tolong dong buku tentang metode ttw di share soalnya sy mau menggunakan metode itu untuk skripsi, terimakasih

    BalasHapus